Selasa, 23 Februari 2010

Microsoft Excel

Software Microsoft Excel saat ini banyak digunakan dalam pengolahan data yang berhubungan dengan angka. Seperti laporan angka, laporan stock karena bentuk dasarnya yang sudah langsung terbagi-bagi dalam kolom dan baris. Dimana kolom dan barisnya dapat dengan mudahnya kita atur sehingga program ini efisiensi sekali bila kita ingin menyusun data-data. Kita juga dapat memasukkan gambar dan mengatur garis dalam tabel sehingga tampilan tabel akan lebih rapi.

Dengan fungsi memasukkan data dalam bentuk utama berupa tabel software ini sangat berguna dalam bidang finasial yaitu dimana bentuknya laporannya banyak menggunakan tabel. Yang lebih mengefisiensi dalam penggunaannya dari tabel kita dapat dengan mudah mengaplikasikan data ke bentuk grafik. Selain itu dalam Excel terdapat berbagai rumus yang mempermudah menghitung jumlah atau mengkalikan serta membagi angka.

Excel merupakan program spreadsheet pertama yang mengizinkan pengguna untuk mendefinisikan bagaimana tampilan dari spreadsheet yang mereka sunting: font, atribut karakter, dan tampilan setiap sel. Excel juga menawarkan penghitungan kembali terhadap sel-sel secara cerdas, di mana hanya sel yang berkaitan dengan sel tersebut saja yang akan diperbarui nilanya (di mana program-program spreadsheet lainnya akan menghitung ulang keseluruhan data atau menunggu perintah khusus dari pengguna). Selain itu, Excel juga menawarkan fitur pengolahan grafik yang sangat baik.

Sejarah Excel yaitu; pada tahun 1982, Microsoft membuat sebuah program spreadsheet yang disebut dengan Multiplan, yang sangat populer dalam sistem-sistem CP/M, tapi tidak dalam sistem MS-DOS mengingat di sana sudah berdiri saingannya, yakni Lotus 1-2-3. Hal ini membuat Microsoft memulai pengembangan sebuah program spreadsheet yang baru yang disebut dengan Excel, dengan tujuan, seperti yang dikatakan oleh Doug Klunder, "do everything 1-2-3 does and do it better/melakukan apa yang dilakukan oleh 1-2-3 dan lebih baik lagi".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar