Senin, 22 Februari 2010

Teknologi Informasi Komunikasi


Pada masa sekarang informasi menjadi hal yang penting, dalam prakteknya sehari-hari masyarakat mulai menyadari kebutuhan akan informasi, seiring dengan perkembangan informasi teknologi juga turut berperan sebagai alat perantara informasi.

Dahulu bahasa merupakan alat penyampaian bentuk pikiran manusia, guna menyampaikan pengetahuan maupun pendapat terhadap sesamanya, hal ini terus berkembang seiring dengan perkembangan zaman, diikuti dengan penjelajahan manusia dari satu tempat ke tempat yang lain, bertemu dengan kelompok masyarakat yang lain atau bangsa lain. Manusia yang terus berkembang memikirkan berbagai cara menyimpan informasi untuk diturunkan ke anak cucunya mulai dari nyanyian, sajak, dongeng hingga gambar-gambar yang bermakna hingga terbentuk tulisan-tulisan.

Pada masa sekarang dimana teknologi sudah menjadi bagian sehari-hari bagi sebagian besar orang, menjadikan salah satu kebutuhan dan jalur tercepat dalam penyebaran informasi. Terutama dengan adanya internet yang menyampaikan informasi lebih cepat, lebih luas sebarannya dan lebih lama dalam penyimpannya. Oleh sebab itu penggunaan internet merupakan jalur termudah dan tercepat dalam mencari informasi selain itu dengan sifatnya yang global mempermudah kita dalam berkomunikasi secara internasional. Ditambah lagi dengan banyaknya warnet (warung internet) yang memudahkan menjangkau internet, selain untuk mencari informasi internet juga dapat menciptakan lingkungan maya misalnya dalam lingkungan game online. bahkan sekarang kita dapat berhubungan dengan internet melalui handphone.

Menurut mendiknas, TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) merupakan salah satu kurikulum pengetahuan yang mendukung agar murid-murid dapat mempelajari cara penyampaian informasi melalui teknologi terutama komputer, misalnya internet. Melalui TIK murid-murid dapat terbiasa mengunakan komputer untuk mencari, mengumpulkan, mengembangkan informasi serta berkreasi. Namun kendala yang dihadapi dalam kemudahan mencari informasi salah satunya adalah mudahnya setiap individu untuk mencari informasi yang bersifat negatif, sehingga dibutuhkan pengawasan secara langsung maupun tidak langsung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar